Perilaku Keluarga Dalam Perawatan Penderita Pasca Stroke

Intisari Penelitian: Elfita Triana
Direvisi oleh: Putra Samudera.

Stroke merupakan salah satu penyakit non infeksi yang menjadi penyebab kecacatan pada penderitanya. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah peran keluarga dalam memberikan perawatan pasca perawatan di rumah sakit. Peran keluarga sangat besar dalam mencegah kecacatan dan komplikasi pada penderita stroke. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi akibat perawatan yang kurang baik diantaranya adalah resiko stroke berulang, dekubitus, pneumonia, shock dan nyeri pada pundak.
Untuk memahami tentang peran keluarga tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang peranan keluarga. Ada 2 jenis penelitian yang dapat dilakukan yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Pada penelitian kualitatif bertujuan untuk memperoleh informasi mendalam mengenai peran keluarga. Sedangkan penelitian kuantitatif bertujuan untuk menggali faktor-faktor yang mempengaruhi dan bagaimana hubungannya dengan peran keluarga.
Yuniarti Wulandari telah melakukan penelitian kualitatif mengenai peran keluarga dalam perawatan penderita pasca stroke di rumah. Dalam laporan penelitiannya disebutkan bahwa keluarga pada umumnya telah memahami bagaimana cara memberikan perawatan kepada penderita stroke karena mereka telah mendapatkan penjelasan pada saat di rumah sakit. Tetapi tidak semua program perawatan penderita pasca stroke didukung oleh keluarga. Hal ini dapat dilihat dari keluarga tetap memperbolehkan penderita minum kopi dan merokok. Keluarga setuju untuk melakukan latihan pada unit-unit fisioterapi, tetapi tidak melakukan action untuk membawa penderita ke unit fisioterapi. Keluarga memahami bagaimana melakukan latihan rentang gerak dan sendi pada penderita, tetapi keluarga tidak memberikan latihan secara rutin. Kemudian keluarga berpendapat bahwa pemberian obat antihipertensi tidak perlu diberikan secara rutin. Keluarga sangat mendukung pemberian diet rendah garam pada penderita.
Kesimpulan: Tidak semua keluarga mempunyai perilaku yang tepat dalam perawatan penderita stroke di rumah. Saran: Diharapkan kepada pihak rumah sakit yang akan memulangkan penderita stroke, agar selalu dengan rutin memberikan penyuluhan selengkap-lengkapnya kepada keluarga. Kepada pihak puskesmas agar lebih aktif memberikan penyuluhan kepada keluarga dengan penderita stroke di rumah.

DAFTAR PUSTAKA: 19 (1997 - 2009).

Bagikan artikel / abstrak kepada teman-teman di FaceBook anda, SILAHKAN KLIK DISINI.

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik dan Saran, tulis di sini. Terima kasih.

Entri Populer