Analisis Pelaksanaan Program Jamkesmas Bagi Masyarakat Miskin di Rumah Sakit xxx.

Intisari Penelitian Sdr. Ernawati Carisma.
Direvisi oleh: Putra Samudera.

Program jamkesmas adalah program pemerintah untuk memberikan bantuan dana berobat kepada masyarakat miskin yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Bantuan berupa dana tersebut langsung diberikan kepada Penyelenggara Pelayanan Kesehatan yang diambil dari kas negara, diberikan oleh pembayar dana setelah melalui proses verifikasi oleh tim verifikator yang ditunjuk oleh pemerintah.
Bagi masyarakat miskin yang membutuhkan program jamkesmas tersebut harus melengkapi persyaratan dan mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Dalam pelaksanaannya, ada kesan rumit dan membingungkan bagi masyarakat miskin yang sebagian besar berpendidikan rendah. Program jamkesmas ini telah dilaksanakan pada hampir semua rumah sakit pemerintah. Salah satu rumah sakit yang melaksanakan program jamkesmas ini adalah rumah sakit xxx, namun belum diketahui bagaimana pelaksanaan jamkesmas di rumah sakit tersebut.
Guna mengetahui bagaimana pelaksanaan jamkesmas, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan program jamkesmas di rumah sakit xxx. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian kualitatif menggunakan indeph interview dan observatif. Indeph interview dilakukan kepada petugas PPATRS Rumah Sakit xxx, petugas PT. ASKES (Persero) cabang kota xxx, dan peserta jamkesmas yang berobat di rumah sakit xxx.
Hasil dan kesimpulan penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman dari para petugas PPATRS, kualitas dan kuantitas pelaksanaan program jamkesmas pada tingkatan cukup, sarana penunjang program jamkesmas masih dirasakan kurang, penagihan klaim masih secara manual, pelayanan yang lambat sehingga waktu tunggu peserta yang lebih lama, dan data kepesertaan yang belum sempurna.
Saran peneliti; hendaknya diberikan pelatihan bagi petugas jamkesmas, menempatkan tenaga verifikasi di dalam lingkungan rumah sakit, pembayaran klaim sesuai dengan pedoman dan tidak mengalami keterlambatan, melengkapi data kepesertaan agar segera diproses, memberikan kartu jamkesmas kepada peserta, disediakannya sistem informatika yang mendukung, disediakan printer, disediakan ruang tunggu bagi peserta, dan penulis resep agar menuliskan resep yang ditanggung oleh program jamkesmas.

Daftar Pustaka: 20 (1990 - 2008)

Bagikan artikel ini kepada teman di facebook anda, klik di sini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik dan Saran, tulis di sini. Terima kasih.

Entri Populer